logo

YouTube    Facebook    Twitter
Nama Produk :  
 
   
 
 

Kembali ke halaman sebelumnya
 
10-May-2017
Pelatihan Pengelolaan Laboratorium Sains Tingkat Dasar, 29 April 2017
 
 
Pudak Scientific selalu berusaha untuk turut berperan aktif dalam meningkatkan mutu para pendidik di Indonesia demi mendorong perkembangan pendidikan Indonesia agar dapat sejalan dengan perkembangan dunia. Oleh sebab itu, Pudak Scientific secara rutin menyelenggarakan pelatihan terkait pendidikan bagi para guru, laboran, dosen, dan mahasiswa. Pada tanggal 29 April 2017 yang lalu, Pudak Scientific menyelenggarakan “Pelatihan Pengelolaan Laboratorium Sains Tingkat Dasar” di Pudak Training Center di Gedebage, Bandung. Pelatihan ini dihadiri oleh para peserta dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Pekalongan, Sumatera Selatan, dan Lampung. 

Laboratorium adalah suatu tempat untuk mengadakan percobaan, penelitian, pelatihan dan sebagainya yang berhubungan dengan ilmu fisika, kimia, dan biologi atau bidang ilmu lain (Emha 2002). Sekolah hendaknya dilengkapi dengan beberapa laboratorium yang sesuai dengan bidang ilmu yang memerlukannya seperti laboratorium IPA, laboratorium IPS, dan laboratorium bahasa. Selain kelengkapan peralatan laboratorium, pengelolaan laboratorium juga perlu diperhatikan demi kelancaran dan keamanan kegiatan di laboratorium. Pelatihan kali ini difokuskan kepada pengelolaan laboratorium IPA.

Pemateri utama pelatihan kali ini, Dr. Yunita, M.Pd., menyampaikan berbagai hal pokok yang harus diketahui oleh laboran dalam mengelola laboratorium IPA. Selain itu, beliau juga berbagi pengalaman tentang pengelolaan laboratorium kepada para peserta.  Salah seorang peserta mengungkapkan, “Banyak pengetahuan baru yang saya dapat dari Ibu Yunita. Saya akan mencoba mengimplementasikannya di laboratorium sekolah saya.”

Pada pelatihan ini para peserta juga melaksanakan berbagai praktikum sains agar para peserta lebih mengenal berbagai perlengkapan yang terdapat dalam laboratorium IPA sekolah. Pada praktikum kali ini para peserta dipersilakan menggunakan KIT Kimia SMA Pudak Scientific, mengenal tata cara penggunaan alat, serta penyimpanan, perawatan, dan perbaikan alat. Para peserta juga melakukan praktikum pengamatan stomata pada daun menggunakan mikroskop, seraya mempelajari lebih jauh tentang perawatan dan pemeliharaan mikroskop. Untuk bidang fisika, para peserta diajak untuk mendalami cara penggunaan, perawatan, dan penyimpanan berbagai alat ukur seperti jangka sorong, mikrometer sekrup, stopwatch, neraca 311, basic meter, dan lain sebagainya. 

Kami berharap pelatihan ini dapat membantu meningkatkan kompetensi guru dan laboran dalam hal pengelolaan laboratorium sekolah, demi terwujudnya pendidikan Indonesia yang lebih baik.
 
 
Kembali ke halaman sebelumnya
 
 
OT 203A
OT 110C H02N
PT 920900A
PT 970102AL
SET 907
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Home | About Us | Products | News | Events | Gallery | Support | Download Area | FAQ | Contacts | Sitemap
 
 
developed by it works! studios