Peraturan Lomba

Ketentuan Umum

  • Young Scientists Competition (YSC) 2021 atau Lomba Peneliti Belia Jawa Barat 2021 diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK/SMP/MTs di wilayah Provinsi Jawa Barat, yang diikuti secara perorangan, atau berkelompok maksimal 2 siswa per kelompok.
  • Young Scientists Competition 2021 (YSC 2021) merupakan Lomba Peneliti Belia yang diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK/SMP/MTs di Provinsi Jawa Barat, yang diikuti secara perorangan atau berkelompok maksimal 2 siswa per kelompok.
  • Peserta YSC 2021 adalah siswa yang belum pernah mengikuti lomba internasional berikut: International Conference of Young Scientists (ICYS), Asia Pacific Conference of Young Scientists (APCYS), dan International Conference of Young Social Scientists (ICYSS).
  • Setiap sekolah hanya boleh mengirimkan maksimal 2 (dua) judul penelitian untuk tiap bidang lomba, sehingga jumlah penelitian maksimal yang dapat dikirimkan oleh satu sekolah adalah 20 (dua puluh) penelitian. Jika terdapat lebih dari 2 judul yang didaftarkan, maka panitia akan mengambil 2 judul penelitian yang didaftarkan paling awal.
  • Setiap peserta hanya boleh mengajukan satu judul penelitian. Jika seorang peserta mengajukan lebih dari 1 judul penelitian, maka panitia akan mengambil 1 judul penelitian yang pertama didaftarkan.
  • Bidang lomba adalah:
    1. Matematika
    2. Fisika
    3. Ilmu Hayati
    4. Lingkungan
    5. Komputer
    6. Sejarah
    7. Geografi
    8. Psikologi
    9. Ekonomi
    10. Sosiologi
  • Peserta wajib mendaftar melalui pendaftaran online.
  • Peserta wajib mengunggah scan/foto Surat Keterangan Sekolah (sesuai format yang diberikan pada saat pendaftaran online, surat asli tidak perlu dikirimkan).
  • Peserta wajib mengunggah scan/foto Surat Kesediaan Publikasi (sesuai format yang diberikan pada saat pendaftaran online, surat asli tidak perlu dikirimkan).
  • Peserta wajib mengunggah file foto diri pada saat pendaftaran online.
  • Peserta wajib mengunggah file Makalah Penelitian (sesuai format yang diberikan pada saat pendaftaran online, hardcopy tidak perlu dikirimkan).
  • Peserta wajib mencantumkan link video presentasi penelitian yang diunggah di Youtube pada saat pendaftaran online.
  • Peserta wajib membayar biaya pendaftaran lomba sebesar Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah) per-judul penelitian.
  • Hanya peserta yang sudah memenuhi butir 1.6. sampai 1.12. yang akan dinyatakan sah menjadi peserta YSC 2021.
  • Petunjuk Teknis dapat diunduh di sini.


Pelaksanaan YSC dan LPB Nasional 2021

  • Sosialisasi YSC 2021: 9 Agustus 2021
  • Batas Akhir Pendaftaran: 12 September 2021
  • Pengumuman Pemenang: 11 Oktober 2021
  • Penyisihan LPB Nasional: 25 Okt – 7 Nov 2021
  • LPB Nasional: 14 November 2021

Konsep Lomba

  • YSC 2021 berlangsung melalui penilaian substansi makalah penelitian dengan dukungan video presentasi.
  • Gambaran umum penelitian pada masing-masing bidang lomba:
    • Matematika
      Presentasi riset bidang Matematika mencakup bidang Matematika teori. Pada bidang ini, siswa diharapkan mempresentasikan suatu temuan baru yang didukung oleh teori-teori tardahulu, maupun suatu temuan persamaan matematika baru untuk diterapkan pada suatu fenomena tertentu, namun tidak menutup kemungkinan jika siswa mempresentasikan teori matematika baru.
    • Fisika
      Presentasi riset bidang Fisika mencakup riset fisika teori dan fisika terapan atau engineering. Hasil yang diharapkan dari riset bidang Fisika adalah sudut pandang baru tentang suatu fenomena alam dan juga temuan baru di bidang terapan yang memanfaatkan pengetahuan Fisika dan peserta harus mampu menjelaskan dengan pendekatan Fisika.
    • Komputer
      Presentasi riset bidang Computer Sciences mencakup riset temuan baru mengenai proses komputasi, meliputi pengembangan algoritma, data dan informasi, serta berbagai proses aljabar yang menyertainya. Bidang riset Computer Sciences mencakup upaya-upaya pengembangan komputasi atas data, mulai dari simulasi, manipulasi/ rekayasa, pemrosesan, pengolahan, pengenalan pola, penyimpanan, komunikasi (jaringan/ network) komputer, hingga keamanan data dan informasi, termasuk aplikasi-aplikasi informatika yang berkaitan.
    • Lingkungan
      Bidang Ilmu Lingkungan (Environmental Science) adalah suatu bidang ilmu interdisiplin yang mempelajari tentang lingkungan dan penyelesaian permasalahan yang ada di lingkungan. Dengan mempelajari permasalahan-permasalahan di bidang Ilmu Lingkungan, maka kita dapat lebih memahami dan dapat membantu untuk menyelesaiakan permasalahan-permasalahan yang ada di lingkungan yang umumnya melibatkan interaksi antara manusia dengan lingkungannya.
    • Ilmu Hayati
      Bidang Ilmu Hayati (Life Sciences) adalah suatu bidang ilmu yang mempelajari mahluk hidup yang ada di bumi, dari prokariot termasuk bakteri, tanaman hingga hewan dan manusia. Ilmu Hayati mempelajari tentang semua kehidupan yang ada di muka bumi ini, termasuk proses-proses yang terjadi pada mahluk hidup. Penelitian di bidang Ilmu Hayati sangat luas, termasuk mempelajari komposisi, struktur dan fungsi yang dimiliki oleh mahluk hidup. Dengan mempelajari berbagai fenomena di bidang Ilmu Hayati, maka kita dapat meningkatkan pemahaman tentang kehidupan. Penelitian di dalam bidang Ilmu Hayati ini jika menggunakan kelompok hewan vertebrata sebagai objek yang diteliti termasuk manusia, khususnya jika perlakuan dalam eksperimen dapat menimbulkan rasa sakit, menderita ataupun dapat berbahaya bagi kesehatan, maka diperlukan ijin khusus yang disebut Ijin Etik (Ethical Clearence) dari suatu komisi etik.
    • Sejarah
      Penelitian Sejarah mencakup kronologi kejadian dahulu/sejarah dan bagaimana keterhubungannya yg merupakan proses yg berkesinambungan. Itu knp dlm riset Sejarah ALUR WAKTU sangat penting. Bukti2 sejarah berupa dokumen ataupun media lainnya serta keilmuan harus diteliti dan di verifikasi. Metodanya harus menjelaskan/ memformulasikan aturan/hukum yg benar serta waktu kejadian dan tempat. Apabila memungkinkan butuh sumber/seseorang yg mengetahui bahasa, bisa membaca dokumen, dan memahami artinya.
    • Geografi
      Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan, dan perbedaan fenomena geosfer (atmosfer, litosfer, biosfer, antroposfer, hingga hidrosfer) dengan sudut pandang kewilayahan, dan lingkungan dalam konteks keruangan. Sudut pandang tersebut dalam penelitian-penelitian ilmu geografi biasanya mengkaji struktur keruangan (spatial structure), pola keruangan (spatial pattern), dan proses keruangan (spatial processes), dengan mengaitkan hubungan antara makhluk hidup dan lingkungan alam di suatu ruang serta mengombinasikan antara pendekatan keruangan dan pendekatan kelingkungan. Peta dalam hal ini dimanfaatkan sebagai alat bantu yang dapat diinterpretasi untuk menggambarkan fenomena pada geosfer mapun topik penelitian yang sedang diteliti tersebut. Dengan adanya perkembangan teknologi perpetaan (sistem informasi geografis dan penginderaan jauh) sangat membantu untuk menjawab kompleksitas masalah yang ingin dijawab dalam penelitian.
    • Sosiologi
      Riset Sosiologi mencakup berbagai hal yg berhubungan antara individu dengan individu, golongan dgn golongan, maupun individu dgn golongan, dan masyarakat serta perilakunya. Penelitian Sosiologi dianggap tdk mudah krn objeknya manusia. Penelitian yg objeknya manusia ataupun hubungan antar manusia seringkali tidak bisa dikatakan PASTI atau KONKRIT sehingga penelitian ini membutuhkan alat ukur yg jelas baik itu dalam penelitian kuantitatif maupun kualitatif.
    • Ekonomi
      Presentasi riset bidang Economics mencakup bidang business development, entrepreneurship, investment dan economic empowerment. Tujuan dari riset adalah untuk mengembangkan pemahaman ilmiah dalam berbagai masalah ekonomi dan bisnis baik di organisasi swasta maupun publik. Hasil penelitian dapat meningkatkan sinergi antara teori dan terapan sehingga dapat digunakan untuk mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan praktik dalam ekonomi dan bisnis.
    • Psikologi
      Riset Psikologi mencakup berbagai hal yg berhubungan dgn ilmu kejiwaan, karakter serta kepribadian. Banyak riset bidang psikologi dilakukan untuk menguji sebuah teori dan membuktikan teori tersebut dengan tujuan membantu tercapainya kesehatan mental serta mungkin saja pemahaman akan kesehatan mental tersebut.

Hadiah & Penghargaan

  • Para juara pada setiap bidang (Matematika, Fisika, Ilmu Hayati, Lingkungan, Komputer, Sejarah, Geografi, Sosiologi, Ekonomi, dan Psikologi) akan mendapatkan medali (bagi juara 1, 2 dan 3) dan sertifikat juara, serta diundang sebagai peserta Lomba Peneliti Belia Nasional 2021.

Sosialiasi Lomba

  • Informasi terkini mengenai YSC 2021 dapat dilihat pada Instagram CYS (cys_indonesia), Facebook group (Peneliti Belia, Indonesia), Instagram Pudak Scientific (@pudakscientific), dan FB Pudak Scientific (www.facebook.com/pudak.adm)
  • Ikuti talkshow bersama Pembina Tim Indonesia untuk lomba internasional ICYS, APCYS, ICYSS, tentang teknik merancang penelitian. Nantikan informasinya di Instagram CYS.